Cara Membuat Lean Canvas Dengan Mudah

 Cara Membuat Lean Canvas


Lean canvas merupakan template rencana bisnis yang dapat membantu memecah ide supaya lebih mudah dibaca dan dipahami. Metode lean canvas dikembangkan ash maurya yang diadaptasi dari business model canvas (BMC) buatan alexander osterwalder.

Lean Canvas/Model Business Canvas adalah gabungan panel-panel yang terdiri dari Problem, Solution, Key Metrics dll. Yang merupakan unsur-unsur yang bisa kita gunakan untuk menganalisa bisnis yang akan kita buat. Atau bisa dibilang menurut saya sih ini hampi mirip-mirip sama S.W.O.T

Secara struktur lean canvas juga mengadopsi BMC, tapi dengan disertai beberapa perubahan. Lean canvas lebih fokus pada masalah, solusi, parameter kunci, dan nilai kompetitif, selain juga bisa dimanfaatkan untuk mengukur risiko dan ketidakpastian bisnis.

Sangat memungkinkan untuk memvisualisasi seluruh rencana bisnis dalam satu tampilan sederhana dengan lean canvas. Pada dasarnya, lean canvas memang ditujukan untuk pengusaha agar lebih sederhana dan jelas dalam membuat ide tentang bisnis.

PROBLEM


Didalam problem itu adalah tempat kita untuk menuliskan permasalahan yang ingin kita selesaikan menggunakan produk kita.

Saya ambil contoh misalnya saya membuat applikasi untuk membayar jajan menggunakan fitur QR Code dan membayar SPP sekolah melalui aplikasi. Maka permasalahan yang ingin saya selesaikan menggunakan produk saya adalah seperti gambar di atas.

EXISTING ALTERNATIVES


Existing alternatives adalah alternatif lain jika pelanggan tidak menggunakan produk kita. Misalnya kita ambil contoh produk Go-Jek maka untuk mengisi existing alternative nya kita bisa menggunakan pertanyaan "Apabila Go-Jek tidak ada, maka pelanggan akan pakai alternatif apa?". Maka existing alternativesnya bisa kita isi dengan naik ojek pangkalan, grab, dan transportasi umum seperti bis.


SOLUTION


Solution adalah solusi yang kita tawarkan dari produk kita. Apa yang pelanggan bisa dapatkan dengan menggunakan produk kita?

KEY METRICS


Key metrics adalah langkah-langkah yang harus ditempuh pelanggan untuk mendapatkan service/produk dari kita.

UNIQUE VALUE PROPOSITION


Unique Value Proposition adalah nilai lebih atau nilai plus produk kita dibandingkan produk lainnya.

HIGH-LEVEL CONCEPT


High-Level Concept adalah kalimat singkat yang bisa menjelaskan produk kita. Usahakan kita menjelaskan dengan kata kata yang sesedikit mungkin tapi bisa mencakup semua deskripsi produk kita.

UNFAIR ADVANTA


Unfair Advantage adalah keunggulan atau kelebihan bisnis kita yang tidak bisa atau sulit sekali ditiru oleh orang lain. Bisa dibilang Unfair Advantage adalah sesuatu yang spesial dari produk kita, ciri khas produk kita.

Channels

Channels adalah cara kita untuk mendistribusikan produk kita atau cara memasarkan produk kita kepada para pelanggan. 

CUSTOMER SEGMENT


Customer Segment adalah pelanggan yang kita targetkan menggunakan atau membeli produk kita.

EARLY ADOPTERS


Yang harus kita isi pada early adopters adalah kira-kira pelanggan mana yang kiranya akan sering menggunakan produk kita.

COST STRUCTURE


Cost Structure adalah list biaya yang harus kita keluarkan dalam menjalankan sebuah bisnis.

REVENUE STREAMS


Revenue Stream adalah sumber pendapatan dari bisnis kita atau apa yang kita ambil dari pelanggan.

Contoh lain dari Lean Canvas.








Komentar